Berita / Event / Artikel

PERINGATAN HARKOPNAS KE-71 TAHUN 2018

Dalam rangka  untuk meningkatkan perekonomian Dinas Koperasi Kabupaten Karangasem  memperingati  HUT Koperasi yang dilaksanakan  pada Hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 bertempat di UKM center  dengan kegiatan  berbagi lomba – lomba untuk membangkitkan Koperasi yang ada di Kabupaten Karangasem dengan undangan di hadiri oleh:

  1. Ibu Bupati Kabupaten Karangasem
  2. Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem
  3. Para Staf Ahli Bupati Karangasem
  4. Para Asisten Setda Kabupaten Karangasem
  5. Kepala Badan/ Dinas/ Kantor/ Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karangasem
  6. Ketua Dekopinda Kabupaten Karangasem
  7. Ketua Dekopinda Kabupaten Karangasem
  8. Para Camat se Kabupaten Karangasem
  9. Para Pengurus, Pengawas dan Karyawan Koperasi se Kabupaten Karangasem

 

Adapun susunan Acara :

1.Pembukaan  diisi Tari penyambutan

2.Laporan Ketua Dekopinda Kabupaten Karangasem

3.Penyerahan Hadiah Lomba  dari Bupati Karangasem

4.Sambutan dari Ibu Bupati Karangasem

5.Penutup diisi Lawakan dan santap siang bersama

Adapun dari penyampai dari dua sambutan  Dekopinda dan Bupati :

 

1.Dekopinda Kabupaten Karangasem

-Dengan adanya Koperasi masyarakat dapat meningkatkan prekonomian

-Koperasi  dapat dielola dengan jujur dan transparan

-Pengurus,Pengawas dan Manajer perlu diadakan  peningkatan status

– Koperasi  yang memiliki asset lebih dari 2 miliar perlu di adakan audit

-Peningkatan yang berkwalitas pengurus  diakan tes konpetensi

– Koperasi yang abal-abal segera di bubarkan

-Dekopinda Kabupaten Karangasem mengadakan Gerakan Berbagi  Orang kurang mampu

-Gerakan Dekopinda Kabupaten Karangasem

– Rapat Tepat Waktu

– Pemberian Beasiswa kepada siswa yang kurang mampu dari gerakan Koperasi

Setelah sambutan dari Ketua Dekopinda di lanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba yaitu:

  1. Pemenang Lomba Pengurus Koperasi
  2. Pemenang Lomba Pengawas Koperasi
  3. Pemenang Lomba Manager Koperasi
  4. Pemenang Lomba Koperasi Siswa

 

Setelah Penyerahan hadiah di lanjutkan dengan Sambutan dari Ibu Bupati, yang menyampaikan Peringatan Hari Koperasi yang kita laksanakan setiap tahun, hendaknya bukan hanya di jadikan sebagai kegiatan rutin semata, tetapi di maksudkan untuk memberi makna dan arti agar lebih meningkatkan etos kerja dan momentum kinerja secara menyeluruh di jajaran gerakan Koperasi yang ada di Kabupaten Karangasem dengan tema “PENGUATAN KOPERASI MENDORONG PERTUMBUHAN EKONOMI  NASIONAL”

Tema ini mengandung makna bahwa masyarakat Koperasi telah bangkit, bertekad dan berkeinginan untuk meningkatkan kontribusi dalam mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi Nasional dengan menjadikan Koperasi sebagai soko guru badan usaha yang tangguh, kuat dan professional diberbagai sector riil, sehingga mampu memenuhi kepentingan ekonomi masyarakat serta mampu berkompetisi dalam dinamika perubahan global.

Hal ini didasari pemikiran bahwa pengembangan   koperasi   merupakan    pilihan     terbaik, karena :

  1. Koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang berorientasi pada kesejahteraan bersama. Artinya dengan koperasi diharapkan akan terwujud Pembangunan    sosial   ekonomi   yang   berasal   dari  masyarakat itu sendiri.
  2. Hubungan yang erat antara anggota koperasi dengan koperasinya akan dapat menimbulkan kinerja yang berkelanjutan dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi. Koperasi diharapkan dapat menghasilkan barang-barang berkualitas, bernilai tambah dan berdaya saing serta menjadi usaha yang terstruktur dan tersebar diseluruh  sektor kegiatan ekonomi rakyat.
  3. Koperasi mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar serta menata usaha informal.

Untuk mewujudkan koperasi berkualitas, diperlukan langkah-langkah terobosan untuk melaksanakan penataan ulang koperasi,  seperti arahan Bapak Presiden ( Ir H. Joko Widodo ) dalam puncak acara hari koperasi tanggal 12 Juli 2018 menyampaikan bahwa  perubahan global yang begitu sangat cepat bagi koperasi,  antara lain meminta Koperasi di Tanah Air menggarap dan memerluas Pasar di Plaform online yang memiliki daya jangkau yang sangat luas, dengan pelan-pelan dapat berkembang melalui aplikasi-aplikasi yang lebih canggih dengan berjualan di Plafporm E–Commerce.

Koperasi di Kabupaten Karangasem saat ini berjumlah 315 Unit, dari jumlah tersebut Koperasi yang aktif berjumlah 281 unit, sedangkan yang tidak aktif 34 unit Koperasi, namun demikian Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah telah melaksanakan pembinaan secara optimal, yang sudah barang tentu didukung oleh Dekopinda Kabupaten Karangasem.

Terkait Pertumbuhan Ekonomi dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Karangasem, Saya berharap Pengelolaan Koperasi benar-benar bisa aman.  Maka melalui semangat peringatan Hari Koperasi ke-71, Saya harapkan menjadi titik tolak untuk menggelorakan kembali tekad seluruh insan koperasi dalam meningkatkan kualitas koperasi berikut produk-produk yang dimiliki. Sehingga mampu memperkuat dan mendorong pertumbuahan ekonomi nasional dan memiliki daya saing yang tinggi.

Melalui tema tadi Pemerintah Kabupaten Karangasem akan terus melanjutkan program pemberdayaan koperasi sehingga kedepan Koperasi di Kabupaten Karangasem dapat tumbuh dan berkembang menjadi Koperasi yang sehat, cerdas, bersih dan berwibawa berdasarkan Tri Hita Karana. Sehingga Koperasi :  Jaya, UMKM :  Maju,  Anggota :  Sejahtera.

Di akhir acara di isi dengan hiburan Bondres.(WAKA)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *