Berita / Event / Artikel

DINAS KOPERASI UKM PROVINSI BALI GELAR PELATIHAN KEPADA PETANI GARAM DI YEH MALET, MANGGIS

Kelompok garam Kuga Lestari 1 dan kelompok garam Kuga Lestari 2 menerima bimbingan tek nis peningkatan jaringan pemasaran bagi usaha kecil dan menengah garam tradisional dengan usaha spa dan peranan kemasan dalam meningkatkan nilai jual produk. kegiatan ini dilaksanakanpada hari kamis tanggal 26 April 2018 bertempat di Balai Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Provinsi Bali bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Karangasem.  Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali yang dihadiri oleh Perbekel Antiga Kelod (I Wayan Dresta)  dan Kepala Wilayah Banjar  Dinas Yeh Malet (I Nengah  Sarianta).  Jumlah peserta yang hadir 40 orang dari kedua kelompok tersebut.

Materi peningkatan jaringan pemasaran bagi usaha kecil dan menengah garam tradisional dengan usaha spa dibawakan oleh I Wayan Sukhanta dari PT. Bali Tangi produsen produk spa alami yang beralamat Jalan Kebo Iwa No. 168 Denpasar Barat-Bali merupakan narasumber yang ditunjuk oleh Dinas Koperasi UKM Provinsi Bali.

Dari penyampaian bapak Wayan Sukhanta, garam berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya untuk penyedap masakan yang alami, juga untuk kesehatan, kecantikan/ spa.  Garam aroma trapi atau garam spa bisa digunakan untuk berendam, rendam kaki, sebagai scrub atau lulur. Dari penyampain di atas dapat di simpulkan bahwa garam merupakan zat yang sangat di butuhkan bagi tubuh.

Materi peranan kemasan dalam meningkatkan nilai jual produk dibawakan oleh Putu Rupini, SE. dari Konsultan Retail dan Kemasan Bali. Menurut Rupini, kemasan adalah wadah atau pembungkus bagi suatu produk yang mempunyai peranan penting untuk mempertahankan mutu dan keamanan produk serta meningkatkan daya tarik produk sehingga dapat meningkatkan nilai produk barang/jasa sehingga nilai jual pun akan meningkat. (arya)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *